Seminar Nasional dan Call for Paper

Jakarta, 4 Juli 2018, Fakultas Hukum Unika Atma Jaya dan Asosiasi Pimpinan Perguruan Tinggi Hukum Indonesia (APPTHI) mengadakan kegiatan Seminar Nasional dan Call for Paper tentang  Pengembangan Penelitian di Bidang Hukum yang dilaksanakan di Auditorium Gedung Yustinus lantai 14 dan 15 Kampus 1 Semanggi Unika Atma Jaya.

 

Dalam seminar ini menghadirkan dua tokoh penting yaitu Dr. Jamal Wiwoho, SH. M.Hum (Inspektur Jendral Kemenristek Dikti RI) dan Prof. Dr. R. Siti Zuhro, MA (Peneliti Senior Pusat Penelitian Politik LIPI) beserta beberapa dosen hukum dari berbagai universitas yang ada di Indonesia.

 

Dr. Agustinus Prasentyantoko selaku Rektor Unika Atma Jaya

 

Seminar Nasional dan Call for Paper ini dibuka oleh Dr. Agustinus Prasentyantoko (Rektor Unika Atma Jaya). Dalam kata sambutannya beliau berharap, dengan adanya kegiatan seperti ini kita sebagai anggota yaitu Fakultas Hukum Unika Atma Jaya bisa membantu dalam melakukan penelitian yang dapat meningkatkan akreditasi melalui asosiasi seperti ini.

 

“Kita sebagai anggota, Fakultas Hukum Unika Atma Jaya bisa membantu baik dalam penelitian atau yang lainnya, karena dengan adanya penelitian seperti ini, akreditasi juga akan naik melalui asosiasi seperti ini,” ujar Dr. Agustinus Prasentyantoko.

 

Dr. Jamal Wiwoho, SH. M.Hum (Inspektur Jendral Kemenristek Dikti RI)

 

Kegiatan dilanjutkan kembali dengan keynote speech oleh Dr. Jamal Wiwoho, SH. M.Hum (Inspektur Jendral Kemenristek Dikti RI) mewakili dari Kemenristek Dikti RI. Dalam keynote speech-nya beliau mengatakan bahwa pengembangan anggaran akan coba untuk ditingkatkan untuk memadai pengembangan penelitian yang ada.

 

“Pengembangan anggaran akan coba untuk kita tingkatkan, agar penelitian-penelitian yang ada semakin memadai dalam pengembangannya,” ujar Dr. Jamal Wiwoho, SH. M.Hum.

 

Seminar ini juga dilakukan diskusi panel yang dilakukan oleh ProfDr. R. Siti Zuhro, MA. dan salah satu dosen dari Universitas Indonesia. ProfDr. R. SitiZuhro, MA mengatakan, kita harus memiliki landasan yang utuh dan kokoh untuk melakukan penelitian agar dengan adanya kegiatan ini bisa memunculkan rumusan baru di dalam perspektif hukum.

 

“Kita butuh landasan yang utuh, yang kokoh untuk penelitian kita. Saya berharap dengan adanya kegiatan seperti ini akan ada legal standing atau rumusan baru yang efektif terkait perspektif hukum,” ujar ProfDrRSiti Zuhro, MA selaku Peneliti Politik LIPI.

 

Pemaparan hasil penelitian dari salah satu peserta

 

Setalah dilakukan diskusi tersebut, acara dilanjutkan dengan pemaparan hasil penelitian hukum dari beberapa peserta yang hadir. Salah satu diantaranya yaitu dari Yenny AS dengan judul “Aksesibilitas Memperoleh Bantuan Hukum bagi Masyarakat Miskin di Kabupaten Sambas”.

 

Dalam penelitiannya beliau mengatakan bahwa, kita tahu negara perlu adanya penjaminan hak konstitusi bagi setiap orang, maka dari itu negara harus bertanggung jawab terhadap pemberian bantuan hukum yang dapat mewujdukan perubahan sosial yang berkeadilan. (KE)

 

Foto Bersama Peserta Seminar Nasional dan Call for Paper