Fakultas Hukum UIR Tuan Rumah Pertemuan Anggota dan Seminar Nasional APPTHI

Sebanyak 130 dekan fakultas hukum perguruan tinggi swasta mengadakan pertemuan anggota dan seminar nasional, bertajuk ‘Pendidikan Hukum Indonesia Dalam Tantangan Era Revolusi Industri 4.0’ di Universitas Islam Riau pada Senin (26/11/2018) besok.
Para pimpinan fakultas hukum itu sudah mulai berdatangan sejak Minggu siang di Pekanbaru, serta mengikuti kegiatan temu ramah di Hotel Pangeran.
Acara ini juga dihadiri oleh Rektor Universitas Islam Riau (UIR) Prof Dr H Syafrinaldi, SH, MCL, Wakil Rektor I Dr. Syafhendry, Dekan Fakultas Hukum Dr. Admiral, SH, MH, Wakil Dekan I Dr. Surizki Febrianto, SH, MH dan sejumlah dosen fakultas hukum seperti Dr. Thamrin S, Dr. H. Syafriadi, Endang Suparta, SH, MH, Aryo Akbar, SH, MH dan Rahdiansyah, SH, MH.

Tidak hanya temu ramah, namun juga seminar nasional serta pelantikan pengurus Asosiasi Pimpinan Perguruan Tinggi Hukum Indonesia (APPTHI) di UIR.
”Pertemuan ini menjadi penting dan strategis untuk membangun kebersamaan sesama fakultas hukum,” kata Rektor UIR, Prof Dr H Syafrinaldi, SH, MCL Minggu (25/11/2018).
Selain itu, Syafrinaldi juga menyampaikan penyamaan visi agar anggotanya bisa sama-sama menjawab berbagai masalah terkait tantangan fakultas hukum di era revolusi industri 4.0.
Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Umum APPTHI Prof Dr Ade Saptomo. Ia menegaskan, bahwa sesama fakultas hukum tidak boleh saling berkompetisi. Sebaliknya, kita harus selalu bersama- sama menyelesaikan masalah terutama menyangkut perubahan-perubahan regulasi dari BAN PT terkait dengan pengisian Sapto untuk akreditasi.
“Belum semua anggota terakreditasi dengan baik,” kata Prof. Ade.

Selain itu, ia juga menambahkan sebagai organisasi, APPTHI akan berusaha maksimal merumuskan secara rinci terhadap masalah-masalah yang dihadapi oleh anggota. Ia juga berupaya melakukan penguatan terhadap institusi termasuk program studi dan unit pengelola.
”Kita juga akan duduk bersama dengan asosiasi perguruan tinggi negeri. Selama ini duduk bersama Perguruan Tinggi Negeri (PTN) belum pernah kesampaian, kali ini kita sudah dapat sinyal,” pungkasnya.
Tidak hanya acara tersebut, rencananya, ke-130 dekan nantinya akan dijamu welcome dinner oleh Walikota Pekanbaru di kediamannya pada Senin malam. Dilanjutkan dengan besoknya pada Selasa siang, mereka berkunjung ke Istana Siak sekaligus menghadiri jamuan makan siang dari Bupati Siak