Seminar Nasional “Tindak Pidana Korupsi Dan PertanggungJawaban Pidana Korporasi Perspektif Penegakan Hukum”

APPTHI menggelar Seminar Nasional dengan Sumber Prof Dr T Gayus Lumbuun Hakim Agung RI , Prof Dr Teguh Prasetyo Komisioner DKPP dan Ketua KPK diwakili Biro Hukum yang membahas tindak pidana korupsi dan PERTANGGUNGJAWABAN pidana dalam perspekktif penegakan hukum di Universitas Surakarta Solo.

Tanggal 4 Desember 2017 adalah agenda penting dalam penegakan hukum ke depan terutama terkait dengan tindak pidana yg dilakukan oleh korporasi. Dalam literstur ilmu Hukum lama tindakan korporasi terbatas pada larangan keperdataan sehingga PERTANGGUNGJAWABAN tindakan korporasi terbatas pada tindakan perdataan dan terbatas pada nyesel korporasi. Bagaimana jika korporasi tersangkut dengan tindak pidana tertentu terutama dalam tindak pidana korupsi. Sudh banyak contoh kasusnya tindak pidana korupsi yg melibatkan korporasi, seperti impor dagang, E-KTP dst. Dalam pemberian korupsi maka yang digagas APPTHI sangat Strategis untuk dikembangkan kajian yang lebih mendalam dan komprehensif dan diputuskan dalam struktur kurikulum Studi hukum.

Menurut Prof Dr Zainal Arifin Pembina APPTHI mengatakan Bahwa topik ini menantang bagi para dosen untuk melakukan penelitian yg intensif untuk menghasiljan konsep yg aplikabel untuk PEMBERANTASAN korupsi. Dan ke depan APPTHI dpt melakukan lomba penelitian bagi dosen dan Lomba penulisan ilmiah bagi mhs terjait dg tindak pidana korupsi oleh korporasi.

Dalam Pertrmuan Nasional APPTHI yg diselenggarakan di Universitas Surakarta tgl 3-5 Desember 2017 intinya APPTHI mendukung gagasan Presiden Jokowi untuk membatasi jumlah mahasiswa PTNegeri , PTN  berkonsentrasi ke Worldclass Univesity,  untuk Itu PTS harus segera mengisi dg manaikkan kwalitas SDM dan kwalitas PTS itu sendiri, dalam.rangka menaikkan kwalitas APPTHI dan APPSIHI yg dikomandani Dr Jawade Hafits yg beranggota 140 anggota, mensepakati dg dipakainya Kurikulum Program Studi Ilmu Hukum Indonesia bebasis KKNI berdasar UU No 12 th 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *